Sabtu, 28 November 2009

Mental Detox I : Nyoba puasa digital :D

Kalo satu dekade ke belakang mungkin masih relevan buat kita nyoba nolak TV sebagai sumber informasi dan sumber pengaruh pola keseharian, polarisasi dan kecenderungan mental...kayanya udah lewat zamannya. Hari ini, ngapain kita mesti adiksi sama tv ketika kita bisa pindahin adiksi kita ke tawaran (yang jumlahnya gak keitung) dari dunia digital? Imajinasi-imajinasi gak berujung dari ps, pc game, online game, social-network, mp3 dan video? Kebanyakan dari kita perlu untuk ngeblokir diri dari realitas yang kering, suasana yang bising, musik yang gak kita suka; kita perlu digitalized, dan asupan listrik itu mutlak pentingnya! Dan ketika kita bisa dapet informasi apapun yang kita mau dari search engine, penjelasan instan dari website-website review dan wikipedia; kenapa kita mesti repot-repot baca buku? Kalo bisa ketemu semua temen lewat internet, ngapain sering-sering ketemu kalo gak perlu-perlu amat? Itu kan berarti ongkos, usaha, dan energi. Ngapain curhat berulang-ulang kali, kalo bisa sekalian lewat blog? Capek-capek berusaha ngenalin karakter temen, kan ada situs network sosial dan chatting kalii. Hari ini, memang nyaris semua kebutuhan psikologis kita dipenuhin sama dunia digital...mulai dari kehidupan sosial, imajinasi, "adrenalin", dan proses kreatif.

Tentu aja, saya termasuk dari ratusan juta yang teradiksi dengan listrik dan dunia digital. Kalo listrik mati selama satu atau dua bulan, mungkin saya termasuk salah satu dari ratusan juta orang yang stress. Saya masuk dalam generasi yang udah kebiasa sama alat-alat elektronik, dan kemudahan komputer semenjak dekade pertama dalam hidup saya. Dan semenjak era internet, saya selalu haus akan pengetahuan apapun; apapun yang muncul di benak, emang tinggal ketik dan klik buat cari tau. Informasi masuk dalam kecepatan tinggi, bertumpuk-tumpuk, dan gak kestruktur.

Apa yang salah dari ini, selain ketergantungan saya sama listrik dan berkurangnya porsi relasi langsung saya sama dunia nyata di sekeliling saya?
Saya belom tau, tapi jelas ada sesuatu yang aneh disini. Jadi, untuk satu minggu kedepan (atau lebih, kalo saya bisa, haha) saya mau nyobain puasa digital. Saya cuma akan make hape saya yang gak bisa online, gak punya game dan gak bisa nyetel musik/video itu; kalo bener-bener perlu doang. Misalnya perlu kontak dadakan buat tau dimana tempat janjian sama temen-temen pindah atau apalah. Tapi lepas dari itu, saya mau nyoba kembali ke beberapa dekade kebelakang, haha. Dan itu berarti nerjemah manual (tulis tangan), nulis di buku tulis, baca buku, dan lain-lain.


Yah, sebenernya ide ini muncul bukan tanpa pengaruh info yang saya dapet secara digital juga sih; ironisnya, info ini saya dapet dari adbuster, ketika saya lagi browsing iseng-iseng sambil begadang tadi malem. Ada beberapa info yang menarik perhatian saya; video tentang generasi di Korea Selatan, area yang disebut sebagai paling terkoneksi/wired di dunia, tentang anak-anak badan yang bertumpuk lemak karena jarang gerak, kebanyakan di depan komputer. Tentang saling nutup dirinya orang-orang dari lingkungan sekitarnya, dan semua orang sibuk dengan perangkat elektroniknya masing-masing. Oke, disini emang belom separah di video ini. Saya gak overweight, masih ketemuan langsung sama temen-temen saya,... Tapi saya gak bisa nyangkal, kalo kita semua emang sampe level tertentu gak bisa lepas dari perangkat elektronik kita.

Setelah itu, saya janjian sama beberapa temen saya buat nyoba eksperimen kecil ini sampe beberapa lama kedepan. Mungkin perbedaan yang saya rasain itu nanti bakal saya tulis disini juga, hahaha... Sip, buat yang pengen liat link yang saya baca itu, bisa klik di sini ya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

peradaban, dalam hal ini terbatas di teknologi yang sedang kamu sebutkan, menawarkan sisi dilematisnya tersendiri. telah disebutkan bagaimana efek alienasi itu yang dihasilkan oleh teknologi digital. namun kalo kita sandingkan dengan efek lain dari mengeliminasinya, seperti misalnya menulis pada kertas. kamu bisa bayangkan berapa banyak pohon yang akan kita tebangi.

kupikir letak permasalahannya ketika kita memperlakukan tekn. digital itu. atau kalo mo mengeliminasinya secara total yah dengan cara apa yang telah dipikirkan oleh unabomber (misalnya).

sahabat jauhmu
-thebolang

.delirious hyena. mengatakan...

saya nyoba nulis di kertas bekas fotokopian atau kertas2 bekas lainnya buat ganti kertas biasa :D yah,tapi itu gak bener-bener ngebantu kayaknya kalo ngomongin ekologis mah...

yang saya lagi pikirin terutama teh tentang efek psikologis paska kecepatan perkembangan tek.informasi da, lang. semacam yang suka diobrolin sama temen-temen kenapa generasi sekarang lebih depresif/lebih gak fokus dalam ngedalemin minat dibanding orang2 yang tumbuh dalam generasi pra-internet (padahal justru kita semenjak kecil dapet informasi/pengetahuan dalam jumlah tinggi).

gitu looh, hehe :D
kamu sendiri ngerasa ada bedanya, gak?